SELAMAT DATANG DI SMK BHAKTI KARYA

Jumat, 14 Agustus 2009

ETIKA NGEMIL DI KANTOR

AYO mengaku, siapa di antara Anda yang hobi mengemil di kantor? Duduk seharian di depan meja kerja sambil memelototi layar komputer, memang gampang membuat orang jenuh. Untuk mengusir rasa bosan, aktivitas apalagi yang paling menyenangkan selain menyantap kudapan ringan?

Akan tetapi, mengemil di kantor pun ada aturannya. Jika tidak dipatuhi, kebiasaan kecil itu bisa membuat jengkel banyak orang, terutama rekan kerja yang mejanya berada di samping meja kerja Anda.

Dari ruang tertutup hingga ruang terbuka
Jika Anda bekerja di dalam sebuah ruang kantor pribadi tertutup, kebiasaan memamah biak ini mungkin masih dapat diterima, karena tidak ada orang lain yang bisa melihat dan terganggu karenanya. Pastikan saja Anda selalu ingat untuk menutup pintu dan menurunkan tirai sebelum menyantap penganan itu.

Bagi yang bekerja di dalam kubikel, meskipun tidak ada yang bisa melihat Anda (kecuali jika ada yang melongokkan kepalanya), suara kunyahan, gigitan, atau robekan bungkus makanan masih bisa didengar oleh rekan kerja di sebelah kubikel Anda. Etika bekerja di dalam kubikel menuntut seseorang untuk sebisa mungkin meredam bunyi berisik yang dapat menganggu konsentrasi orang lain.

Sedangkan bagi mereka yang bekerja dalam sebuah ruangan yang tidak memiliki penyekat, mengemil barangkali bisa lebih merepotkan, karena semua orang bisa melihat Anda dan mungkin merasa terganggu dengan kegiatan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa etika yang harus diperhatikan supaya kebiasaan mengemil di kantor tidak terlalu mengganggu orang-orang:

1. Hindari membawa makanan yang menguarkan aroma khas yang menyengat, karena akan tersebar ke seluruh penjuru ruangan dan mencemari udara. Ingat, belum tentu semua orang tahan mencium bau-bauan tersebut!

2. Kunyah makanan dengan mulut tertutup agar tidak membuat risih orang-orang yang terpaksa melihat atau mendengarnya. Selain itu, hindari makanan yang menimbulkan bunyi berisik saat dikunyah seperti keripik dan kacang-kacangan.

3. Bersihkan meja kerja segera setelah Anda selesai menyantap kudapan agar semua remah-remah makanan atau tumpahan minuman tidak mengundang lalat dan menimbulkan bau tak sedap. Buang bungkus makanan ke tempat sampah di luar ruangan untuk mencegah aroma-aroma aneh.

4. Siapkan tisu basah atau lap tangan. Hal ini menghindari kotornya tangan Anda saat dipanggil oleh atasan atau tiba-tiba ada tamu kantor yang mana Anda harus berjabat tangan.

5. Usahakan agar acara ngemil tidak menjadi sebuah kegiatan yang mendominasi aktivitas kerja Anda. Selain mengurangi produktivitas, Anda juga bisa dianggap tidak profesional.

6. Jangan mengemil ketika Anda sedang berbicara dengan orang lain, kecuali saat menikmati makan siang di atas meja makan. Selain itu, jangan berbicara di telepon dengan mulut penuh makanan, karena orang di seberang tidak akan bisa mendengarkan secara jelas ucapan Anda. (OL-08)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar