SELAMAT DATANG DI SMK BHAKTI KARYA

Jumat, 14 Agustus 2009

ETIKA BEKERJA DI RUANG KECIL

Apakah tempat kerja Anda yang sekarang ini berbentuk "kotak" kecil alias cubical? Atau dari kantor yang besar pindah ke kantor yang ruangannya lebih kecil? Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar suasana bekerja tetap menyenangkan.

Bekerja pada sebuah tempat kecil mempunyai beberapa masalah. Secara psikis, Anda akan merasa tertekan, terkungkung, dan sebagainya. Di sisi lain, segi positifnya adalah privasi Anda jadi lebih terjaga. Berikut ini ada sejumlah tips tentang bagaimana cara mengatur penghuni ruangan untuk bersikap saling menghormati dan produktif dalam bekerja.

KEBEBASAN - PRIVASI
" Jangan pernah membolehkan orang lain masuk, selain penghuni ruangan, tanpa izin. Tulis ketok pintu terlebih dahulu jika ingin masuk ke ruangan.
" Jangan sekalipun memasukkan orang lain ke dalam ruangan dengan diam-diam.
" Pasang tanda-tanda di pintu masuk ruangan jika Anda dapat atau tidak meladeni orang lain.
" Hindari tatap mata dengan teman sekerja jika tidak mau diganggu.
" Jika berpapasan satu sama lain di ruangan, jangan melihat-lihat ke bagian orang lain
" Jika perlu bantuan teman sekerja dan dia sedang sibuk berbicara di telepon, sebaiknya jangan berdiri di tempatnya. Lebih baik kembali lagi nanti setelah dia selesai berbicara.
" Jangan membaca apa yang ada di layar monitor komputer orang lain atau memberi komentar percakapan orang lain. Berbicaralah hanya jika ditanya.
" Segera angkat telepon setelah berbunyi lebih dari satu kali. Atur volume suara telepon dengan rendah.
" Batasi penggunaan pengeras suara telepon, usahakan berbicara sepelan mungkin. Gunakan ruangan rapat untuk pertemuan resmi.
" Jika meninggalkan ruangan, matikan bunyi telepon atau pasang alat penjawab otomatis. Bisa juga disambung ke nomor telepon lain yang bisa Anda jangkau.
" Jangan pernah meninggalkan telepon genggam di meja jika tidak dimatikan/dikecilkan suaranya terlebih dahulu.
" Jika Anda menerima telepon pribadi, ingatlah teman sebelah meja dapat mendengarkan pembicaraan Anda.

BICARA
" Biasakan menggunakan suara dengan volume perlahan.
" Jangan berbicara melalui tembok pembatas ruangan sambil berteriak-teriak. Untuk rapat atau pertemuan yang mendadak, sebaiknya pergi ke ruang istirahat atau ruang rapat.
" Jangan mengajak tamu untuk rapat di ruang kerja, langsung ajak ke ruang rapat.
" Jangan memanggil-manggil atau memberikan tanda-tanda (seperti siulan, suitan, tepukan tangan) di ruangan. Sebaiknya berdiri dan pergi ke tempat orang yang dituju.

SUARA
" Sebaiknya gunakan e-mail atau pesan tertulis untuk dapat berkomunikasi dengan tenang dengan teman sekerja.
" Jika Anda mendengarkan radio, pasang dengan volume suara rendah atau gunakan headset.
" Atur suara komputer sekecil mungkin dan matikan bunyi serta efek-efek suara dari komputer.
" Jangan hidupkan bunyi dering telepon genggam, cukup gunakan getaran.
" Jika memang diperlukan, atur dengan teman sekerja untuk waktu makan siang atau istirahat bergantian. Hal ini akan memberikan rasa ketenangan pada masing-masing individu.
" Kalau terpaksa harus makan di meja kerja, makanlah dengan sopan dan perlahan-lahan, jangan mengeluarkan bunyi. Hindari makan permen karet, mengunyah dengan keras, atau bermain-main dengan bolpen yang mengeluarkan suara-suara tak nyaman.

BEBAUAN
" Jangan pernah makan makanan yang panas di meja kerja. Bau makanan ini dapat mengganggu tetangga.
" Pemakain parfum dan minyak lain yang aromanya terlalu kuat sebaiknya dihindari karena akan menyebarkan bau yang menyengat. Siapa tahu ada di antara tetangga sekerja yang alergi, bukan?
" Sediakan selalu semprotan penyegar di dalam ruangan.
" Selalu pakai sepatu dan jangan pernah dilepas di ruangan. Terlebih jika sepatu Anda berbau tak sedap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar